Soal Pts Fisika Kelas 10 Semester 1

Alumnice.co – Soal Pts Fisika Kelas 10 Semester 1

Halo, Sobat Zenius! Buat elo yang lagi duduk di kelas 11 sudah siap belum nih buat menghadapi ujian tengah semester buat mata pelajaran Fisika? Sebagai persiapan elo, gue mau ngasih beberapa contoh soal PTS Fisika kelas 11 semester 1 dan pembahasan lewat artikel ini!

Memang nggak bisa dimungkiri, Fisika kerap kali menjadi mata pelajaran yang sulit. Untuk bisa menjawab soal demi soal, Sobat Zenius perlu menghafal setiap rumus di dalamnya.

Bahkan, nggak cuman rumus aja. Ada beberapa hukum juga yang wajib elo pelajari supaya semakin matang dalam mengerjakan soal.

Nah, sebelum mengarah ke contoh soal PTS Fisika kelas 11 semester 1, gue mau ngasih elo beberapa daftar materi Fisika yang dipelajari di semester 1. Yuk, disimak bersama-sama!

Daftar Mater Fisika Kelas 11 Semester 1

Kesetimbangan Benda Tegar

  • Kesetimbangan
  • Momen Gaya/Torsi
  • Titik Berat
  • Kasus KBT

Dinamika Rotasi

  • Momen Inersia
  • Hukum Newton pada Dinamika Rotasi
  • Usaha dan Hukum Kekekalan Energi Mekanik pada Gerak Rotasi
  • Momentum Sudut dan Hukum Kekekalan Momentum Sudut pada Gerak Rotasi
  • Momen Inersia dengan Integral (Pengayaan)

Elastisitas Zat Padat

  • Elastisitas
  • Hukum Hooke & Rangkaian Pegas

Fluida Statis

  • Tekanan
  • Hukum Pascal
  • Hukum Archimedes
  • Aplikasi Hukum Archimedes

Fluida Dinamis

  • Kontinuitas
  • Hukum Bernoulli
  • Aplikasi Hukum Bernoulli

Suhu dan Kalor

  • Termometer
  • Pemuaian
  • Wujud Zat
  • Kalor
  • Asas Black
  • Transfer Kalor

Nah, itu dia beberapa materi yang harus Sobat Zenius pelajari di semester 1. Elo juga bisa akses semua materi tersebut lewat website Zenius.net.

Setelah buka website, elo tinggal klik menu belajar, kemudian pilih kelas 11 dan mata pelajaran Fisika.

Nantinya, elo akan ditampilkan seperti gambar di bawah ini dan tinggal klik mana materi yang ingin elo pelajari. Di sana ada juga contoh soal PTS Fisika kelas 11 semester 1 yang bisa elo pelajari lewat video pembelajaran.

Ilustrasi website Zenius (Dok. Zenius)

Contoh Soal PTS Fisika Kelas 11 Semester 1 dan Pembahasan

Contoh Soal 1

Topik: Momen Gaya/Torsi

Dua benda dengan massa yang sama dipasang pada ujung-ujung dari sebuah batang seperti pada gambar berikut.

soal pts fisika kelas 11 semester 1

Jika batang dalam kondisi setimbang dan poros dapat berputar, maka batang … jika benda di sisi kanan didekatkan ke arah poros.

A. akan berputar searah jarum jam

B. akan berputar berlawanan arah jarum jam

C. tidak berputar

D. akan bergeser ke kiri

E. akan bergeser ke kanan

Pembahasan:

Dari contoh soal PTS Fisika kelas 11 semester 1 di atas yang ditanyakan yaitu keadaan batang jika benda di sisi kanan didekatkan ke arah poros.

Nah, jadi coba kita dekatkan benda yang di sisi kanan ke arah poros, maka akan terjadi seperti ini:

contoh soal pts fisika kelas 11

Untuk menjawab pertanyaan di atas, maka kita bisa menggunakan momen gaya/torsi karena di situ dibahas poros yang berputar.

Sobat Zenius masih ingat nggak rumus momen gaya/torsi? Yap, rumusnya seperti ini:

Baca :   Soal Uts Kelas 5 Semester 2 Tema 7

Contoh Soal PTS Fisika Kelas 11 Semester 1 dan Pembahasan 169

Jadi, rumus Torsi/tau adalah gaya yang tegak lurus pada porosnya dikalikan dengan jaraknya.

Dikarenakan momen gaya merupakan gaya rotasi, maka rotasinya ada dua, yaitu searah jarum dan dan berlawanan arah jarum jam.

Nah, di sini kita menggunakan simbol untuk kedua rotasi di atas. Untuk arah jarum jam pakai simbol – dan berlawanan +. Sobat Zenius bisa menggunakan tanda yang berbeda, asalkan dipakai secara konsisten sampai soalnya selesai dikerjakan.

Balik lagi ke soal, di atas disebutkan bahwa ada dua benda identik. Apa maksudnya? Dua benda identik itu yaitu dua benda yang memiliki massa yang sama.

Jadi, antara dua benda di sisi kiri dan kanan mempunyai massa (w) yang sama, ya.

Di soal juga disebutkan kalau batang dalam kondisi setimbang sehingga jumlah torsinya berarti 0. Dengan demikian, maka 1 = 2.

Dengan demikian, jika kita substitusikan ke rumus torsi di atas maka jadi w .1 = w.1.

Pertanyaannya adalah, bagaimana jadinya jika batang yang di sisi kanan digeser ke arah poros?

Jika demikian, berarti batang yang di sisi kanan (r2) itu lebih kecil dibandingkan dengan r1. Maka, kesimpulannya yaitu 1>2.

Jadi, torsi di sisi kiri lebih besar daripada sisi kanan, ya! Oleh karena itu, torsi di sisi kiri akan berputar berlawanan arah jarum jam ke poros, seperti gambar di bawah ini:

soal pts fisika kelas 11

Dengan demikian, maka
jawaban B
benar, yaitu akan berputar berlawanan arah jarum jam.

Baca Juga: Dinamika Rotasi dan Kesetimbangan Benda Tegar

Contoh Soal 2

Topik: Rangkaian Pegas

Tiga buah pegas dengan konstanta pegas k = 600 N.m-1 disusun seri dan paralel seperti pada gambar berikut.

contoh soal pts fisika kelas 11

Jika ujung bawah susunan pegas diberi beban sebesar m = 2 kg, maka pertambahan panjang pegas adalah …

A. 4 cm

B. 5 cm

C. 10 cm

D. 0,5 cm

E. 1 cm

Pembahasan:

Apa hukum yang biasanya digunakan untuk mengerjakan pertambahan panjang pegas? Sobat Zenius masih ingat, nggak?

Yap, untuk menjawab soal PTS Fisika Kelas 11 semester 1 di atas kita bisa menggunakan hukum Hooke.

Gimana, nih, rumus hukum Hooke?

Contoh Soal PTS Fisika Kelas 11 Semester 1 dan Pembahasan 170

Dalam soal, kita diminta untuk mencari pertambahan panjang pegas. Jadi, kita diminta untuk mencari delta x.

Bagaimana cara mencarinya? Kita bisa pakai rumus di bawah ini:

Contoh Soal PTS Fisika Kelas 11 Semester 1 dan Pembahasan 171

Nah, F itu gaya yang bekerja pada pegas. Kira-kira apa, ya? Nah, dikarenakan pada gambar dipasangi beban, maka gaya yang bekerja adalah gaya pada beban itu atau disebut dengan gaya berat. Gaya berat adalah w = mg.

Sebelum memasukkan substitusinya, kita harus mencari tahu terlebih dahulu k-nya. Bagaimana caranya?

Elo bisa lihat susunan pegas pada gambar di atas. Pada susunan pegas yang di atas terlihat kalau itu paralel karena bercabang. Nah, kita cari terlebih dahulu hasilnya, setelah itu baru kita serikan pada pegas yang di bawah.

Baik, mari kita fokus ke bagian paralel dulu dengan menggunakan rumus di bawah ini:

Baca :   Berikut Ini Yang Bukan Merupakan Pembagian Konjungsi Adalah

Kp
= K + K

= 600 + 600

= 1200 N/m

Nah, setelah itu kita serikan pada pegas yang tersusun di bawahnya. Kalau mencari seri kita pakai rumus di bawah ini

Contoh Soal PTS Fisika Kelas 11 Semester 1 dan Pembahasan 172

Yang 1200 diambil dari hasil paralel, sedangkan 600 dari jumlah k-nya, ya.

Jadi jumlah serinya adalah:

Contoh Soal PTS Fisika Kelas 11 Semester 1 dan Pembahasan 173

= 400 N/m

Sekarang kita sudah tahu F dan k-nya berapa jadi tinggal dimasukkan ke rumus awal hukum Hooke.

=
Contoh Soal PTS Fisika Kelas 11 Semester 1 dan Pembahasan 174

F = m.g

K diambil dari 400 N/m

=
Contoh Soal PTS Fisika Kelas 11 Semester 1 dan Pembahasan 175

Nah, karena yang diminta dari soal di atas merupakan cm, maka kita ubah terlebih dahulu satuannya

=
Contoh Soal PTS Fisika Kelas 11 Semester 1 dan Pembahasan 176

Jawabannya yaitu 5 cm. Jadi yang benar adalah
jawaban B.

Baca Juga: Hukum Hooke – Bunyi, Rumus, dan Contoh Soalnya

Contoh Soal 3

Topik: Rangkaian Pegas

Seekor kuda bermassa 100 kg memakai sepatu yang ditempeli pegas identik pada keempat kakinya. Tekanan akibat berat badan kuda tersebut terdistribusi merata pada keempat kakinya. Ketika kuda berdiri dengan 4 kaki, pegas menjadi 2 cm lebih pendek. Perubahan panjang pegas jika kuda tersebut berdiri dengan dua kaki adalah … cm

A. 2

B. 2,5

C. 3

D. 4

E. 5

Pembahasan:

Untuk menjawab contoh soal PTS Fisika kelas 11 semester 1 di atas, kita menggunakan hukum yang berlaku pada pegas, yaitu hukum Hooke. Bagaimana rumus hukum Hooke?

Contoh Soal PTS Fisika Kelas 11 Semester 1 dan Pembahasan 177

Nah, dikarenakan kita diminta untuk menemukan perubahan panjang pegas atau x, maka kita pakai rumus di bawah ini:

Contoh Soal PTS Fisika Kelas 11 Semester 1 dan Pembahasan 171

Berhubung gaya pada soal di atas sama, maka tidak ada perubahan gaya/berat apabila kuda berdiri dengan empat atau dua kaki. Pasalnya, gaya itu datang dari kuda itu sendiri lewat massanya yaitu 100 kg.

Jadi, F-nya akan bernilai sama, ya. Sehingga, perubahan panjang pegas hanya berpengaruh pada k-nya saja.

Nah, karena pada soal di atas k-nya mengalami perubahan struktur, maka kita bandingkan satu dengan yang lainnya. Kita sebut kondisi k1 itu saat kuda berdiri dengan empat kaki dan k2 saat kuda berdiri dengan dua kaki.

Dengan begitu, kita gunakan rumus di bawah ini untuk perbandingannya:

Contoh Soal PTS Fisika Kelas 11 Semester 1 dan Pembahasan 179
Contoh Soal PTS Fisika Kelas 11 Semester 1 dan Pembahasan 180

Coret apa saja yang bisa dicoret, lalu dikalikan silang sehingga hasilnya menjadi seperti ini:

Contoh Soal PTS Fisika Kelas 11 Semester 1 dan Pembahasan 181

Nah, itu dia perubahan panjang dalam keadaan kedua atau saat kuda berdiri dengan dua kaki. Dikarenakan satuannya cm, maka di atas menjadi 4 cm sehingga jawabannya yang benar yaitu
jawaban D
= 4 cm

Pelajari Juga: Rangkaian Pegas Seri dan Paralel

Contoh Soal 4

Topik: Elastisitas

Nilai konstanta elastisitas yang sama dari percobaan elastisitas karet ban pada tabel berikut adalah ….

soal pts fisika kelas 11 semester 1

A. (1) dan (2)

B. (1) dan (4)

C. (1) dan (5)

D. (2) dan (3)

E. (4) dan (5)

Pembahasan:

Dari soal PTS Fisika kelas 11 di atas, kita bisa menggunakan hukum Hooke untuk mencari konstanta atau nilai k lewat data gaya dan pertambahan panjang yang sudah tertera pada tabel.

Contoh Soal PTS Fisika Kelas 11 Semester 1 dan Pembahasan 170

Lalu, bagaimana cara mencari k? Kita bisa gunakan rumus di bawah ini:

Baca :   Pelaksanaan Demokrasi Pancasila Pada Masa Orde Baru Dan Masa Reformasi

Contoh Soal PTS Fisika Kelas 11 Semester 1 dan Pembahasan 183

Dengan begitu, maka kita tinggal menghitung bagi pada data tabel di atas satu per satu.

1 = 2 N/cm

2 = 3,2 N/cm

3 = 3 N/cm

4 = 2 N/cm

5 = 3,03 N/cm

Mana yang hasilnya sama? Yap, nomor 1 dan 4. Maka
jawaban B

benar.

Baca Juga: Rumus Elastisitas Gaya Pegas

Contoh Soal 5

Topik: Elastisitas Zat Padat

Sepotong kawat logam homogen dengan panjang 140 cm dan luas penampangnya 2 mm2 ketika ditarik dengan gaya sebesar 100 N bertambah panjang 1 mm. Modulus elastik bahan kawat logam tersebut adalah …

A. 7 x 108
N/m3

B. 7 x 109
N/m3

C. 7 x 1010
N/m3

D. 7 x 1011
N/m3

E. 7 x 1012
N/m3

Pembahasan:

Untuk menjawab contoh soal PTS Fisika kelas 11 semester 1 di atas, kita perlu menggunakan rumus modulus elastik. Sobat Zenius masih inget, nggak?

Contoh Soal PTS Fisika Kelas 11 Semester 1 dan Pembahasan 184

Setelah itu, tinggal kita masukkan angka-angkanya, deh. Ingat, semua satuan harus diubah menjadi meter (m), ya.

Contoh Soal PTS Fisika Kelas 11 Semester 1 dan Pembahasan 185

= 102
x 7 x 10-1
x 109

= 7 x 1010
N/m3

Jadi, jawaban yang tepat adalah
C.

Baca Juga: Perbedaan Tegangan dan Regangan dalam Elastisitas

Contoh Soal 6

Topik: Fluida Statis

Suatu benda berbentuk balok dimasukkan ke dalam air bermassa jenis 1000 kg/m3
sehingga ⅖ bagian dari benda berada di atas permukaan air. Tentukanlah massa jenis dari benda tersebut!

A. 60 kg/m3

B. 100 kg/m3

C. 600 kg/m3

D. 700 kg/m3

E. 900 kg/m3

Pembahasan:

Pada benda apung ada dua gaya, kalau kita gambarkan seperti ini:

contoh soal pts fisika kelas 11

Fa = gaya angkat

Mg = gaya berat

Dikarenakan benda tersebut dalam gaya setimbang, maka F = 0

F = 0

mg – Fa = 0

mg = Fa

mg = Pa.g.VBT

a merupakan air dari fluida

BT merupakan benda tercelup. Kalau dilihat di gambar atas, ⅖ bagian benda berada di atas permukaan air. Maka, yang benda tercelupnya kita hitung menjadi ⅗

contoh soal pts fisika kelas 11

Jadi, kita pakai rumus di bawah ini:

Contoh Soal PTS Fisika Kelas 11 Semester 1 dan Pembahasan 186
Contoh Soal PTS Fisika Kelas 11 Semester 1 dan Pembahasan 187

Dikarenakan kita diminta untuk mencari massa jenisnya, maka:

Contoh Soal PTS Fisika Kelas 11 Semester 1 dan Pembahasan 188

merupakan massa jenis benda

PB
= 1000 . 0,6 = 600 kg/m3

0,6 itu dari ⅗ ya, Sobat Zenius. Jadi, jawaban yang tepat adalah
C
.

Baca Juga: Fluida Statis

Nah, itu dia beberapa contoh soal UTS Fisika kelas 11 semester 1 dan pembahasan. Semoga dengan adanya contoh soal di atas Sobat Zenius bisa lebih paham, ya!

Kalau elo mau lanjut belajar contoh-contoh soal di atas, Zenius masih punya banyak sekali,nih!

Elo bisa belajar lewat video pembelajaran sehingga lebih mudah memahaminya. Klik banner di bawah ini buat akses, ya!

soal pts fisika kelas 11

Kemudian, buat Sobat Zenius yang mau latihan try out ujian sekolah, elo juga bisa, kok, ambil belajar paket Aktiva Zenius.

Lewat paket tersebut, elo nggak cuman bisa ikut try out ujian sekolah, elo juga bakal mendapatkan akses ribuan video premium hingga akses live class per minggu.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, segera berlangganan sekarang!

Contoh Soal PTS Fisika Kelas 11 Semester 1 dan Pembahasan 189

Soal Pts Fisika Kelas 10 Semester 1

Sumber: https://www.zenius.net/blog/contoh-soal-pts-fisika-kelas-11-semester-1

Check Also

Apa Yang Dimaksud Dengan Gas Inert

Alumnice.co – Apa Yang Dimaksud Dengan Gas Inert Dalam bidang pelayaran, ada banyak jenis kapal …