Penyebab Konflik Pada Kutipan Cerpen Diatas Adalah

Alumnice.co – Penyebab Konflik Pada Kutipan Cerpen Diatas Adalah

ilmubindo.com

| Puas kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan eksemplar pertanyaan teks cerpen dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru dalam mata pelajaran bahasa Indonesia Terbiasa kelas 11 revisi K13. Sebaiknya apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan pesuluh didik dalam mencari referensi sekeliling model soal teks cerpen dilengkapi dengan daya jawaban terbaru dalam mata pelajaran bahasa Indonesia Perlu.

Rajah: pixabay.com

1. Kisahan pendek (cerpen) adalah riuk suatu karya sastra ….
A. fiksi

B. nonfiksi
C. seni
D. musik
E. peran

2. Cerpen adalah salah suatu karya sastra yang berbentuk ….
A. bait
B. derek
C. dialog
D. prosa

E. nonfiksi

3. Cerita yang hanya membualkan suatu situasi dari seluruh vitalitas pelakunya, disebut ….
A. Prosa
B. Puisi
C. Cerpen

D. Sandiwara radio
E. Teater

4. Riuk suatu hal yang membedakan cerpen dan syair adalah ….
A. Adanya silsilah

B. Adanya tema
C. Adanya amanat
D. Adanya imajinasi
E. Adanya gaya bahasa

5. Berikut ciri-ciri kisah pendek, kecuali ….
A. Panjang tulisan lebih terbatas sepuluh halaman.
B. Terletak konflik, tetapi tidak menimbulkan pertukaran nasib pegiat.
C. Hanya mempunyai satu alur.
D. Perwatakan biang keladi dilukiskan secara singkat.
E. Punya meres yang adv minim jelas.

6. Pelecok satu unsur Instrinsik cerpen adalah ….
A. Klimaks
B. Rataan/Setting

C. Syair
D. Typografi
E. Suspens

7. Berikut nilai-nilai yang mendukung cerpen berisi alat pencernaan angka dalam cerita, kecuali ….
A. Nilai kepatutan
B. Nilai estetika
C. Nilai sosial budaya
D. Angka religi
E. Nilai sikap

8. Salah satu atom Ekstrinsik cerpen yakni ….
A. Gaya presentasi cerita
B. Penokohan
C. Latar Budaya Pengarang

D. Tanggapan pembaca
E. Tampilan ilustrasi

9. Silsilah disebut ….
A. Plot

B. Prosa
C. Latar
D. Tema
E. Judul

10. “Belaka itu alasan Mama melarang Anisa menikah dengan Handoko?” Bibir Anisa menyinggung sinis. “Oh, alangkah piciknya perhatian Mama! Dahulu apa artinya mahamulia lever Mama selama ini yang Anisa kagumi? Sedangkan dulu Mama tak pernah mempermasalahkan prestise Handoko yang ternyata belum mempunyai pencahanan ki ajek. Demikian kakakku yang selama ini mendukungku sekarang berbalik sebelah.

Konflik yang terdapat dalam kutipan cerpen tersebut ialah ….
A. Anisa dan Handoko tidak makara menikah.
B. Anisa dilarang menikah oleh Mama dan kakaknya.

C. Mama yang berpikiran picik terhadap Handoko.
D. Kedahagaan Mama sebaiknya Anisa hidup bahagia.
E. Mbuk lain mendukung pernikahan Anisa dengan Handoko.

11. Menunjukkan ruang dan waktu terjadinya suatu peristiwa dalam cerpen disebut ….
A. Plot
B. Tema
C. Judul
D. Latar

D. Amanat

12. “Hanya itu alasan Mama melarang Anisa menikah dengan Handoko?” Labium Anisa menyinggung sinis. “Oh, alangkah piciknya pikiran Mama! Lalu apa artinya kemuliaan hati Mama selama ini nan Anisa kagumi? Padahal dulu Mama tidak persaudaraan mempermasalahkan prestise Handoko yang ternyata belum mempunyai pegangan tetap. Demikian kakakku yang sepanjang ini mendukungku waktu ini menyembat arah.

Penyebab konflik pada kutipan cerpen di atas yakni ….
A. Martabat Handoko yang sudah lalu mempunyai gula-gula.
B. Mama yang menginginkan menantu insan berlimpah.
C. Handoko yang belum mempunyai karier tetap.

D. Mama yang mempersalahkan masa lepas Handoko.
E. Mama melarang Anisa menikah dengan Handoko.

13. Pengarang cerita mulai memasyarakatkan induk bala-biang keladi dan latar nan ada di dalam cerita yakni bagian ….
A. Habituasi

B. Complication
C. Ricing action
D. Turning point
E. Ending atau koda

14. Dua kegagalan yang lalu berpisah ketika aku diterima di jurusan bahasa Inggris. Kutekuni perian pendidikan tinggi dengan sepenuh hati. Kendala finansial menunda ku untuk merambah dunia kerja disamping lektur. Pucuk dicinta ulam berangkat. Suatu hari Kak Ica, saudara sepupuku, datang kepadaku. “Nanda, di sebelah toko Bunda ada kios nan dijual. Bagaimana kalau kita patungan untuk membeli kios itu. Lalu kita jual pakaian di sana?” kata Kak Ica. Ia mengajak berpatungan bakal membeli kios itu. Kami berangkat berbisnis pakaian. Tidak kusangka, aksi itu menuai hasil yang gemilang.

Dedengkot aku n domestik penggalan cerpen di atas adalah ….
A. Ica
B. Bunda
C. Nanda

D. Sendiri Siswa
E. Koteng penjual kios

15. Gaya bahasa disebut ….
A. Tembang
B. Majas

C. Fiksi
D. Prosa
E. Rima

16. Dua kehampaan nan lalu bercerai ketika aku diterima di jurusan bahasa Inggris. Kutekuni perian pendidikan tataran dengan sepenuh hati. Kendala keuangan menolak ku buat merambah bumi kerja disamping syarah. Pucuk dicinta ulam start. Suatu hari Kak Ica, saudara sepupuku, datang kepadaku. “Nanda, di sebelah toko Bunda suka-suka kios yang dijual. Bagaimana kalau kita patungan bikin membeli kios itu. Lalu kita jual pakaian di sana?” kata Kak Ica. Ia mengajak berpatungan untuk membeli kios itu. Kami mulai berbisnis busana. Tidak kusangka, usaha itu menuai hasil yang gemilang.

Pengetahuan yang tidak sesuai dengan babak cerpen di atas yaitu ….
A. Janganlah agak gelap pada kegagalan
B. Tekunlah privat setiap pencahanan, niscaya menuai jadinya
C. Uang bukanlah penentu keberhasilan seseorang
D. Bekerjasamalah dengan baik dan meyakinkan dalam melakukan sebuah pegangan
E. Sembahyang merupakan penentu kesuksesan seseorang

17. Penggunaan dialog dalam teks cerpen ditunjukkan oleh keunggulan ….
A. Tutul
B. Koma
C. Seru
D. Petik ganda

E. Noktah dua

18. Detik tubuhnya digerogoti ki aib dengan enteng makhluk miskin itu melenggang ke apartemen remai. Ia menyerahkan Kartu Tanda Miskim pada suster jaga. Karena banyak bangsal kosong, suster itu menyuruhnya menunggu di lorong.”begitulah enaknya makara orang papa,” batinnya,”dapat akomodasi gratis tidur di keramik.” Dan orang miskin itu dibiarkan menunggu berhari-hari.

Permasalahan pada kutipan cerpen di atas adalah ….
A. Tubuhnya digerogoti penyakit
B. Buruknya pelayanan rumah nyeri

C. Susahnya menjadi duafa
D. Banyak bangsal yang nol
E. Tidak mendapat kemudahan gratis

19. Pilihan introduksi disebut ….
A. Nada
B. Kamus
C. Majas
D. Rima
E. Diksi

20. Tatkala aku masuk sekolah Mulo, demikian fasih lidahku dalam bahasa Belanda sehingga makhluk yang hanya mendengarkanku merenjeng lidah dan tidak mengintai aku, menyangka aku anak Belanda. Aku kembali kian lama bertambah percaya pula bahwa aku anak Belanda, sungguh hari-waktu ini lebih ditebalkan pun maka itu tingkah laku basyar tuaku nan berupaya sepenuh daya menyamakan diri dengan langgam lenggok turunan Belanda. “Kenang-kenangan” oleh Abdul Gani A.K.

Baca :   Rumus Kimia Berikut Yang Merupakan Rumus Empiris Adalah

Sudut pandang pengarang yang digunakan internal episode tersebut adalah ….
A. orang pertama pelaku utama

B. khalayak ketiga pekerja sampingan
C. hamba allah ketiga hero
D. orang mula-mula dan ketiga
E. insan ketiga serbatahu

21. Astaga, siapa orang-orang ini? Tampang mereka seperti khalayak-basyar criminal. Sekadar, hak mereka sebanding dengan semua penumpang nan masuk taksiku. Aku enggak perlu luang urusan mereka. Kali sekali lagi enggak berwenang tahu. Lamun banyak juga nan aku tahu perumpamaan supir taksi.

Angka etik yang terdapat privat kutipan novel tersebut ialah ….
A. Kehati-hatian seseorang terhadap keadaan sekelilingnya.

B. Ketakutan yang keluih akibat camar duka masa lalu.
C. Jangan berprasangka buruk hanya karena melihat penampilannya
D. Ketidakpercayaan terhadap orang-orang di sekitarya
E. Kedahsyatan mengintai individu jahat

22. Tatkala aku masuk sekolah Mulo, demikian fasih lidahku dalam bahasa Belanda sehingga orang nan hanya mendengarkanku mengomong dan tidak melihat aku, mengira aku anak Belanda. Aku sekali lagi makin lama bertambah percaya pula bahwa aku anak Belanda, sungguh musim-hari ini makin ditebalkan juga maka itu tingkah laku manusia tuaku nan berupaya sepenuh sosi menyesuaikan diri dengan langgam lenggok manusia Belanda. “Kenang-kenangan” maka dari itu Abdul Gani A.K.

Watak tokoh “aku” dalam bagian cerita tersebut adalah ….
A. percaya diri

B. mudah menyetarafkan diri
C. sombong
D. buruk perut berusaha
E. mudah dipengaruhi

23. Pada tingkatan yang penyalin mulai memperkenalkan ki aib yang akan dihadapi maka dari itu tokoh utamanya disebut alur dalam pangkat ….
A. perkenalan
B. pemunculan masalah
C. condong konflik
D. ketegangan
E. penyelesaian

24. Tatkala aku masuk sekolah Mulo, demikian fasih lidahku dalam bahasa Belanda sehingga anak adam yang hanya mendengarkanku berbicara dan tidak mematamatai aku, mengira aku anak Belanda. Aku pun bertambah lama kian percaya pula bahwa aku anak Belanda, bukan main tahun-hari ini bertambah ditebalkan pula oleh tingkah laku orang tuaku nan berupaya sepenuh daya menyejajarkan diri dengan langgam lenggok orang Belanda. “Kenang-kenangan” oleh Abdul Gani A.K.

Pengumuman internal penggalan cerpen tersebut adalah ….
A. Jangan cepat menyerah sreg keadaan bagaimanapun juga.
B. Jangan membuang hari selagi masih ada waktu.
C. Seyogiannya kita menyejajarkan diri dengan keadaan.
D. Jangan pangling diri bila menuntaskan bahasa orang.
E. Jangan mudah dipengaruhi oleh khalayak tidak.

25. Cara pengarang presentasi tema cerpen adalah ….
A. melewati narasi spirit motor

B. narasi langsung oleh pengarang
C. menerobos dialog
D. pendapat pentolan dalam cerita
E. melampaui perkenalan awal

26. Bila ada yang bertanya , siapa khalayak minimal kikir di kampung itu, tidak akan suka-suka yang menyanggah bahwa nona ringkih yang punggungnya telah melengkung serupa sabut kelapa itulah jawabannya. Semula engkau saja dipanggil Banun. Semata-mata, lantaran sifat kikirnya berpokok masa ke tahun semakin mengakar; pada sebuah pergunjingan yang penuh dendam, seseorang menambahkan kata kikir di birit keunggulan ringkas itu, sebatas kamu ternobat sebagai Banun Kikir. Konon, hingga riwayat ini disiarkan, belum ada yang sanggup menumbangkan rekor kekikiran Banun.

Pernyataan nan sesuai dengan teks cerpen di atas merupakan ….
A. Banun menobatkan diri sebagai orang patar
B. Predikat Banun Patar didasari kedengkian

C. Banun tidak wasilah senggang rekor kikir itu
D. Banun tidaklah kikir saja ekonomis
E. Tak ada yang gayutan bertanya akan halnya Banun

27. Pernyataan nan tepat akan halnya cerpen yaitu….
A. Cerpen merupakan goresan prosa yang berkembang di mahajana lama dan biasanya berperilaku anonim alias tidak diketahui pengarangnya.
B. Cerpen merupakan keseleo satu karya sastra yang menegaskan dialog seumpama ciri eksklusif karya sastra tersebut.
C. Cerpen bisa dibaca dengan sekali berdiri
D. Cerpen merupakan salah satu karya sastra pendek yang memuat sedikit dari dasa mili prolog.

E. Cerpen galibnya saja memuat unsur intrinsik dan jarang memuat atom ekstrinsik karena kisah nan terwalak pada cerpen tergolong sumir

28. Kali ini, untuk menggarap batik pesanan lelaki itu, ia memintal momen lilin batik buta di sebuah kamar berdandan sarang gonggo. Kamar penabung langut dan kegentingan. Sebelumnya, hampir lima masa pintu kamar itu dibiarkan terkatup serupa kabisuan mulut disumpal ujung selimut.

Makna kata langut dan krisis dalam kutipan cerpen tersebut melambangkan ….
A. Kesedihan dan penyesalan
B. Kehilangan dan awan kelabu
C. Kehampaan dan kesendirian
D. Kesedihan dan penderitaan
E. Kekesalan dan kesepian

29. Unsur ekstrinsik cerpen merupakan….
A. Unsur-unsur yang membangun karya sastra dari dalam cerita itu sendiri
B. Unsur-elemen pembangun yang bakir di luar karya sastra

C. Unsur-unsur pendiri cerpen yang menjadi dasar struktur cerpen
D. Cara alias penglihatan yang digunakan pengarang sebagai sarana bagi menyajikan tokoh, tindakan, permukaan, dan plural peristiwa yang membentuk kisahan dalam sebuah karya fiksi kepada pembaca
E. Gayutan hal yang membentuk jalannya suatu kisah

30. Kelihatan seorang kakek melanglang bersama cucunya seorang putri belia yang cantik. Mereka duduk di bawah pohon yang rindang. Gadis itu menanyakan kakeknya mengobrolkan riwayat hidupnya, siapa sebenarnya kedua orang tuanya dan di mana mereka sekarang. Sang poyang terdiam sepemakan, kemudian mulailah ia mendongeng. “Delapan belas tahun nan lalu, sendiri pemuda daerah tingkat berjalan-urut-urutan ke desa ini. Ia ki gandrung gadis cantik bunga desa ini, dan mereka pun menikah. Perempuan cantik itu adalah dayang kakek suatu-satunya.

Latar wadah puas cerita di atas yakni….
A. di asal pokok kayu rindang.

B. di perkampungan.
C. di hutan rimba.
D. di perkembangan pedasaan.
E. di flat mampir

31. Cara pengarang melukiskan jenis penokohan analitik atau secara spontan adalah….
A. Melukiskan sifat dan ciri fisik sang dalang melangkaui perasaan-perhatian motor dan lingkungan sekeliling tokoh
B. Melukiskan maupun menyebutkan secara terperinci bagaimana watak dalang tersebut sebelum dan pasca- berlawan dengan tokoh baru yang terdapat internal kisah
C. Melukiskan sifat dan ciri pengambil inisiatif bersendikan zaman dulu tokoh yang diceritakan dalam narasi
D. Mencitrakan atau menyebutkan secara terperinci bagaimana watak tokoh tersebut, ciri-ciri fisiknya,pekerjaannya, dan sebagainya.

Baca :   Hasbi Rabbi Jallallah Ma Fi Qalbi Ghairullah Artinya

E. Melukiskan sifat atau ciri fisik pengambil inisiatif melalui dialog antartokoh, tingkah laku, tanggapan gembong tidak, dan deskripsi fisik.

32. Dengan tergesa-gesa Ersa naik bus yang nyaris menjauhi suasana yang tekor nyaman baginya. Mulai sejak kejauhan terdengan sayup suara “… penumpang bus Gemilang harap untuk taajul memasuki wahana…”. Hati Ersa agak tenang karena anda sudah berada di dalamnya. “Mudah-mudahan sore nanti aku dapat berada di acara itu,” harapnya privat hati.

Parasan waktu dan ajang puas penggalan cerpen tersebut merupakan ….
A. sore tahun, halte
B. siang periode, pengembaraan
C. siang hari, setopan

D. pagi hari, rumah
E. pagi hari, pelawatan

33. Berdasarkan peranannya, terdapat jenis dalang tritagonis. Tokoh tritagonis adalah….
A. Motor yang menjadi penentang penggagas utama
B. Gembong nan memegang peran lampiran atau tambahan
C. Biang kerok yang menyebabkan konflik
D. Pengambil inisiatif utama di dalam cerita yang pasti sahaja mendukung cerita secara keseluruhan
E. Tokoh juri alias disebut juga tukang damai

34. “kita sebagai pendidik tidak boleh memandang masalah secara hitam-safi bungkusan, diah itu mutakadim banyak menyanggupi bagasi spirit, sudah selayaknya kita masuk mendampingi dan membantunya, enggak malah menambah bebannya.

Wara-wara yang terkandung internal kutipan cerpen di atasa adalah ….
A. sebagai manusia harus ganti bantu-membantu
B. sendiri pendidik harus bisa membantu siswanya dalam mengatasi persoalan hidup

C. Guru harus bersikap professional kerumahtanggaan godok muridnya
D. guru harus memiliki sikap kasih sayang dalam mendidik
E. sayang dalam godok

35. Mencurigai. Betapa bukan enaknya perbuatan ini. Bahkan terhadap cucu adam yang cukup dicurigai sekalipun. Makin bukan eco lagi kalau orang itu merupakan Parmin tukang kebun yang rajin dan tak banyak mulut itu. Yang kerjanya cekatan, dengan roman yang senantiasa memancarkan kesabaran. Kadang ia membangkitkan rasa iba, sonder dia bersikap meminta.

Pertanyaan yang jawabannya terwalak puas cerpen tersebut adalah ….
A. Siapa yang dicurigai oleh Parmin?
B. Mengapa pentolan privat cerita mencurigai Parmin?
C. Apa alasan si otak merasa tidak enak mencurigai Parmin?

D. Bagaimana si pentolan mencurigai Parmin?
D. Apa alasan Parmin enggak banyak mulut?

36. Meski termasuk anak yang pandai dan timbrung kelas akselerasi, Romero tunak memilik banyak inversi dan sahabat. Baginya pasangan adalah lingkungan yang bisa memasrahkan banyak inspirasi dan asam garam nan tidak diperoleh di tapang sekolah. Di rumah beliau juga bersikap baik pada jiran. Ia ingat ketika insan tuannya mengamanatkan, “Carilah teman dan sahabat sebanyak-banyaknya karena kita tidak bisa hidup sendiri. Suatu saat tentu kita membutuhkan hamba allah bukan.”

Elemen ekstrinsik penggalan cerpen tersebut adalah ….
A. budaya
B. ekonomi
C. pendidikan
D. estetika
E. sosial

37. Seorang dara katai yang terpejamkan pulas di kamar yang begitu luas buat anak kecil seukurannya. Sang matahari menginjak mesem menegur dunia pagi ini ditemani nyanyian burung sano kesana kemari. Kurat surya menyelinap memasuki aliran udara kerdil samping peraduan. Udara adem pun ikut memperhatikan masuk ke privat tulang-tulung.

Majas yang dominan digunakan pada kutipan cerita pendek di atas adalah ….
A. Majas perbandingan

B. Majas penandasan
C. Majas pertentangan
D. Majas travesti
E. Majas penyortiran

38. Kita lihat, berpunca ki ikut sebuah kolom di hotel berbintang empat itu, dia menyelekoh ke jihat kiri, dia memilih kursi paling kecil samping bermula deretan kursi paling belakang. Sejenis itu ia duduk, sejumlah laki-laki dekat kursi itu kontan desasdesus-kusuk dalam haram.

Latar tempat adegan cerpen tersebut adalah….
A. Ki masuk
B. Kursi paling belakang
C. Arah kiri
D. Kursi minimum samping
E. Hotel bintang catur

39. “Hai lontong!” sapaan rival-teman Suryanti dengan nada munjung candaan. Memang, ia sering mendapatkan sapaan sebagai halnya itu di kelasnya, lebih lagi kembali dari tampin kelas lain. Tubuh Suryanti memang gemuk. Sapaan padanan-temannya itu menggambarkan raga Suryanti layaknya tembolok berbahan dasar beras yang digdaya potongan sayuran atau oncom lampau dibungkus daun pisang dan dikukus. Namun, untaian candaan itu tidak interelasi dipedulikannya meski secara bonafide Suryanti merasa enggak nyaman. Ia merasa mujur kancah untuk berlatih sabar.

Watak penggagas Suryanti ditunjukkan maka itu katib melangkaui ….
A. Pelukisan secara sekalian

B. Manah-pikiran tokoh
C. Dialog antartokoh
D. Tanggapan gembong lain
E. Lingkungan sekitar pelopor

40. Pengarang seumpama khalayak yang produktif di luar cerita dan tidak terkebat dalam cerita, dengan memperalat protagonis anda/dia. Kedudukan pengarang n domestik cerita tersebut sebagai….
A. tokoh utama
B. pengambil inisiatif antek
C. pengambil inisiatif figuran
D. tokoh protago
E. pengamat

41. Telah empat waktu ini ia duduk di bertuan rumah petang hari. (2) Pandangannya enggak lepas dari tangga gunung di pinggir desa. (3) Enggak ada kembali yang dia tunggu kecuali suaminya yang memencilkan ke menyebelah untuk mengais rezeki. (4) Terjadi ketimpangan nan terjadi di ii kabupaten-daerah tingkat lautan yang mengakibatkan banyaknya pengangguran di kota. (5) Kalaupun engkau bisa berlari, sepertinya sira ingin mengejar kepergian orang yang sangat dicintainya.

Kalimat bukan padu terletak puas kalimat ….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

E. 5

42. Ku tak barangkali merosot sering ketel? Tidak sekarang, enggak denganmu. Pesonamu menjeratku tapi aku tak kan merelakan diriku tergoda kepadamu. Bukan kan afiliasi kupercaya segala tuturmu kepadaku, dan ku akan bosor makan menganggap bohong segala apa pula yang kau ucapkan kepadaku sejak itu, teragendakan nan itu … yang dua barangkali kau sampaikan padaku. Sebatas pron bila pun kau merayuku, aku tak akan pernah lagi percaya padamu. Dusta-kebohonganmu mutakadim subversif cintaku.

Bukti bahwa watak tokoh kamu pembual dapat diketahui melalui ….
A. Tingkah laku tokoh dia
B. Tingkah laku pengambil inisiatif aku
C. Dialog pelopor beliau
D. Dialog tokoh aku

E. Ekspresi penggagas aku

43. Puncak konflik n domestik kisahan adalah….
A. Reaksi
B. Klimaks

C. Respon
D. Inkompatibel klimaks
E. Ending

44. Tema nan terletak n domestik teks cerpen tercantum jenis tema ….
A. mayor
B. minor
C. sampingan
D. unik
E. ganda

Baca :   Gambar Bunga Begonia Rex

45. Pesan dalam cerita ialah….
A. Alur
B. Latar
C. Fiksi
D. Maklumat

E. Setting

46. Sudut pandang yang digunakan dalam penggalan cerpen di atas merupakan ….
A. cucu adam pertama sebagai tokoh utama

B. khalayak pertama bak tokoh sambilan
C. bani adam pertama dan ketiga
D. orang ketiga serba tahu
E. basyar ketiga tekor

47. Di bawah ini yang tersurat ke internal keterangan perian adalah….
A. Jadi
B. Sampai
C. Dari
D. Setelah

E. Ini

58. Pada tinggi di mana penulis berangkat memperkenalkan problem yang akan dihadapi makanya pelopor utamanya disebut ….
A. penyelesaian
B. keruncingan
C. menjurus konflik
D. pemunculan keburukan

E. perkenalan

59. 1) Barangkali, itu sikap angkuhnya seorang nan sukses dan subur menghadapi pemuda kere spesies aku. 2) Sebagai pimpinan sebuah bank papan atas di negeri ini, mungkin dia tak rela lever anak asuh gadisnya kupacari. 3) Jadi, amat wajar dia kelihatan bukan suka terhadapku. 4) Apalagi tampangku tidak keren kayak aktor Nicholas Saputra, provisional tampang Mawar memang cakep. 5) Kamu sendiri bilang, Mawar mirip Dian Sastro dengan bodi semampai keberagaman Luna Maya

(padahal menurutku, Ros lebih mirip pendendang kesukaanmu, Mulan Jamila).

Bukti bahwa watak tokoh ‘kamu’ pada kutipan cepen tersebut sombong terletak pada kalimat bernomor ….
A. 1) dan 2)

B. 2) dan 3)
C. 3) dan 4)
D. 4) dan 5)
E. 3) dan 5)

60. Hal yang menarik dari kutipan cerpen di atas adalah ….
A. Para penumpang mendengarkan lagu
B. biang keladi aku yang masih menaksir gending Jawa dan besar perut membawa kasetnya

C. tokoh bukan yang berteriak mempersunting tukar lagu
D. para tokoh mempermasalahkan lagu-lagu yang didengarkan
E. para pentolan mempermasalahkan lagu-lagu yang didengarkan

61. Berikut nan termasuk ke internal unsur ekstrinsik cerpen ialah….
A. Tema
B. Dialog
C. Bahasa

D. Permukaan
E. Musim

62. Hari ini begitu panas, sebatas-hingga kirana matahari membuatkulitku hampir terbakar.Jemuranpun sekejab sangar. Bau tabun-asap kontaminasi menahan masuk ke paru-paru membuat kotor udara. Ditambah suara miring bengal wahana yang lalu alang-alang dihadapan-ku, membuat suasana bertambah pengap dan seronok. Aku hanya bisa melihat orang-anak adam itu di dalam mobil dengan AC nan membuat mereka sejuk. Farik dengan diriku, anak junjungan-laki dengan rok kumal berdiri di tepi jalan sambil membawa payung di genggaman. Aku hanya boleh menunggu hujan angin turun dan seseorang datang cak bagi menunggangi jasaku

Permukaan nan terwalak dalam kutipan cerpen ….
A. pagi musim, di rumah, senyap
B. siang hari, di bulevar, gaduh

C. burit perian, di setopan, ricuh
D. malam tahun, di gedung tua, senyap
E. lilin batik tahun, di rumah, antap

63. Sebuah penguraian permasalahan internal sebuah cerita sampai sampai puncak keburukan disebut ….
A. Komplikasi

B. Resolusi
C. Koda
D. Orientasi
E. Nikah kejadian

64. Aku pulang, perasaanku tak karuan. Dan aku bukan tertidur. Aku memejamkan mata. Herman ada privat atasan. Mengapa aku tak dapat melenyapkan engkau dan memandang dirinya tanpa arti? Mengapa sedih hatiku memandang dia bergurau dengan cewek tak? Aku merasa semdiri dan terpecil. Sendiri dan terlupakan. Sendiri dan tak puny arti.

Konflik pada penggalan cerpen tersebut yakni ….
A. aku dengan dia
B. aku dengan Herman
C. aku dengan temanku
D. aku dengan upik lain
E. aku dengan diri sendiri

65. Berikut ini nan termasuk ke dalam unsur intrinsik cerpen ialah ….
A. Penokohan

B. Rataan birit perekam
C. Bahasa
D. Nilai dalam cerpen
E. Konflik

66. Kemudian, ia sampai pada pemikiran bahwa yang jauh tetaplah di kejauhan. Yang dekat tetaplah sreg kedekatan, kecuali yang jauh itu mendekat maupun nan dempet itu merenggang. Miliknya akan tunak miliknya, kecuali ia renggut atau ia lepaskan. Sedemikian itu kembali yang bukan miliknya akan menjadi miliknya jika merebutnya alias menerimanya bermula hamba allah lain. Kenangan dan imajinasi akan setia sebagaimana segala apa adanya. Dan kenyataan adalah di mana berada. Sangat, bocah itu tersenyum dengan penuh kemenangan. Kemenangannya atas sang nasib nan masa ini enggak akan bisa lagi merenggut kebahagiannya.

Tema episode cerpen tersebut adalah ….
A. sesuatu yang jauh tidak akan cak semau ikatan dekat
B. pasang surut roh orang
C. atma harus diperjuangkan
D. tidak tungkul lega nasib
E. kita harus mengakui maklumat spirit

67. Tampin-temanku comar mengatakan aku adalah wartawan kuno. Itu doang karena aku tidak asosiasi menggunakan alat pencatat. Aku selalu menggunakan buku kecil untuk mencatat. Sendi-resep itu caruk kusimpan dengan rapi n domestik rak bukuku di toilet. Di situlah aku n kepunyaan cukup waktu untuk membolak-balik kembali catatanku.

Atom intrinsik yang dominan plong kutipan cerpen tersebut adalah….
A. Alur
B. Tema
C. Meres
D. Amanat
E. Penokohan

68. Semenjak Jakarta yang sangat semok, mumbung bangunan penggaru langit, mumbung pencemaran, dan juga gudangnya copet. Masa ini, aku berada di Ra’as, sebuah pulau yang kecil sebelahnya Madura. Di Ra’as lewat primitif sekali, menginjak berusul Urut-urutan Makadam setakat dengan bangunan kondominium. Sepengetahuanku, bukan ada yang namanya bangunan kondominium tingkat di sana.

Kutipan cerpen di atas dibuka dengan kaidah ….
A. mendeskripsikan suasana

B. mendeskripsikan orang
C. mendeskripsikan tempat
D. mendeskripsikan tahun
E. mendeskripsikan objek

69. Berikut ini yang tertulis ke kerumahtanggaan jenis cerpen adalah….
A. cerpen mini dan cerpen contoh

B. cerpen roman dan cerpen ideal
C. cerpen riwayat hidup
D. cerpen tokoh dan cerpen mini
E. cerpen sumir dan cerpen kompleks

70. Subuh itu, Ibu lain bangun sebagai halnya formal, cukuplah dialah yang paling mandek menyuruhku salah subuh di bandarsah bahkan memaksaku pergi ketika pencucuk jam masih menunjukan angka catur sepatutnya aku bisa mengumandangkan azan. aku sungguh kusut. kakiku mengigil ketika mendatangi kamarnya sebelum risikonya kecemasanku mendalam manjur.

Latar suasana sreg kutipan cerpen tersebut adalah….
A. Haru
B. Duka
C. Dayuh
D. Cemas

E. Prihatin

Penyebab Konflik Pada Kutipan Cerpen Diatas Adalah

Sumber: https://asriportal.com/penyebab-konflik-pada-kutipan-cerpen-diatas-adalah/

Check Also

Apa Yang Dimaksud Dengan Gas Inert

Alumnice.co – Apa Yang Dimaksud Dengan Gas Inert Dalam bidang pelayaran, ada banyak jenis kapal …