Penulisan Genotip Heterozigot Yang Benar Adalah

Alumnice.co – Penulisan Genotip Heterozigot Yang Benar Adalah

Halo Sobat Zenius! Pada artikel bisa jadi ini, gue bakal membincangkan salah satu kendala yang dihadapi makanya para pesuluh, yaitu kaidah menotal kuantitas sel kelamin lega genotipe di persimpangan hukum mendel.

Di gubahan sebelumnya gue udah pernah menjelaskan mengenai hukum I dan II Mendel beserta komplet soalnya, di artikel ini.

Meskipun sepele, banyak banget nan gagal fokus dan berakhir dengan jawaban yang salah. Di sini gue akan coba belas kasih caranya cak menjumlah jumlah gamet dengan mudah dan cepat. Penasaran gimana tipsnya? Yuk simak sampai radu!

Rumus Menotal Besaran Sel kelamin kerumahtanggaan Genotipe

Kerumahtanggaan pendirian menghitung gamet internal genotipe sebenarnya caranya sangatlah simple, yaitu pas dengan menggunakan rumus 2n di mana cakrawala ialah total n partner alel heterozigot.

Kesudahannya, jika elo menemukan suatu genotipe sepanjang apapun, elo cukup memasukkan besaran n antipoda alel heterozigot saja ke intern rumus 2n.

Kendati makin jelas lagi, gue bakal kasih beberapa contoh soal supaya elo bisa mahir intern menotal besaran gamet…

  1. Tentukan jumlah gamet dari genotipe AaBbCc!
  2. Berapa banyak gamet pecah genotipe AaBBCC?

Untuk soal nomor 1 buat cari gamet ini tentunya gampang banget, lalu elo itung jumlah pasangan alel heterozigot, terus dimasukan ke rumus 2n

N partner alel heterozigot : Aa, Bb, dan Cc

2n = 23

2 X 2 X 2 = 8 gamet

Bikin pertanyaan nomor 1, ketemu deh gamet nan terjaga berpokok genotip AaBbCc adalah sebanyak 8 gamet.

Nah, bikin yang soal nomor 2 ini terdapat pasangan alel homozigot. Terus gimana carinya? sepan pake prinsip yang tadi udah gue sampein di atas, elo cukup masukin aja jumlah alel heterozigot ke internal rumus 2n dan gak usah peduliin setimpal pasangan alel nan homozigot. Plong soal nomor 2, pasangan alel heterozigotnya doang 1, lewat elo masukin deh ke rumus 2n.

Baca :   Soal Essay Bahasa Inggris Kelas 10 Semester 2 Dan Jawabannya

Pasangan alel heterozigot : Aa

2n = 21

2 sel kelamin

Untuk pertanyaan nomor 2, cak bertemu deh jumlah gamet berasal genotipe AaBBCC sebanyak 2 buah. Buat elo yang masih belum paham dengan penjelasan di atas, elo boleh simak video penjelasan bersumber zenius di sini ya!

Gue coba kasih satu contoh simple ya, Sobat Zenius.

Berapakah jumlah dan varietas gamet KkLLMmNNOo merupakan…

Individu dengan genotip KkLLMmNNOo n kepunyaan 3 alel heterozigot yaitu Kk, Mm, dan Oo sehingga nilai horizon = 3

Sehingga jumlah gamet = 2n
= 23
= 8

Jumlah gamet nan dapat terlatih berusul anak adam bergenotip KkLLMmNNOo yakni sebanyak 8 macam gamet.

Lalu jika pertanyaannya begini, total gamet semenjak individu nan memiliki genotip AaBb merupakan…

Jawabannya sesimple: Individu yang memiliki genotip AaBb maka kuantitas gamet adalah 2² = 4 diversifikasi.

Mencari Jenis Gamet dalam Genotipe

Kini elo sudah lalu paham gimana caranya mencari jumlah sel kelamin dalam genotipe suatu individu. Akan namun, dalam menyelesaikan permasalahan hukum Mendel kita tidak sahaja memahami besaran gametnya saja, namun sekali lagi perlu mengetahui segala saja macam-jenis gamet yang ada pada genotipe itu karena nantinya sel kelamin-gamet tersebut akan disilangkan dengan gamet padanan yang enggak.

Tentu namun untuk persimpangan monohibrid dan dihibrid nisbi bertambah mudah untuk menentukan tipe-jenis gametnya, tapi lain kasusnya kalau elo disuruh bagi mencari jenis-keberagaman gamet untuk persimpangan trihibrid bahkan lebih, karena buat bertambah sulit buat mengejar aliansi dari seluruh bandingan alelnya (terlebih jika semuanya heterozigot).

Persilangan polihibrid (Dok. unusualindian.blogspot.com)

Tapi
gak usah

panik, karena ada cak kenapa kaidah mudahnya untuk nentuin varietas-jenis gametnya.

Gimana caranya tuch~

Adalah dengan menggunakan Metode Diagram Anak asuh Garpu.

Metode ini yaitu cara yang bener-bener efektif karena selain mudah dan simple, elo pula boleh menggunakan tabulasi anak garpu bikin mencari jumlah dan jenis gamet sekaligus.

Baca :   Dibawah Ini Yang Bukan Termasuk Macam Macam Bahan Anyaman Adalah

Dalam menggunakan metode diagram momongan 2 garpu, hanya dua prinsip nan dipakai:

  • Penulisan inversi alel heterozigot dilakukan terpisah, sedangkan jodoh alel homozigot ditulis salah satu
  • Lega alel heterozigot diberi penghubung garis bercabang, sedangkan lega alel homozigot diberi penghubung garus lurus.

Supaya makin jelas, gue bagi anugerah contoh soal mengenai penggunaaan metode diagram anak porok ini…

  1. Tentukan kuantitas sel kelamin dan tuliskan jenis gametnya dari genotipe AaBbCc…
  2. Tentukan jumlah gamet dan tuliskan varietas gametnya dari genotipe AABBCc…

Karena mutakadim belajar prinsip diagram anak garpu, habis eksekusi aja deh menjadi rajah diagram…

Nah risikonya, langsung dapet
jumlah gamet sebanyak 8
dengan
jenis gametnya ialah Abc, ABc, Fonem, Abc, aBC, abjad, abC, dan abc

dengan tabel momongan garpu

Untuk soal nomor 2 penyelesaiannya sedikit berlainan karena adanya pasangan alel homozigot pada genotipe, tapi cukup pakai kedua konsep di atas aja, yakni menggunakan garis lurus lega antiwirawan alel homozigot…

Cukuplah risikonya, langsung dapet
jumlah gamet sebanyak 2

dengan
macam gametnya Aksara dan Aksara.

Kali itu aja yang bisa gue sampein kali ini. Sebaiknya dengan penjelasan sumir ini, elo bisa jauh lebih paham intern menghitung jumlah dan jenis sel kelamin intern persilangan Mendel. Kalau elo titit tau makin banyak materi Biologi lainnya, serempak aja klik banner di pangkal ini!
Adios~

Baca Artikel Lainnya

Rumus Hukum I Mendel dan Persilangan Monohibrid

Hukum II Mendel dan Persilangan Dihibrid

Aplikasi Hukum I Mendel dalam Menentukan Golongan Talenta

Originally Published:


September 22, 2021

Updated By:


Arieni Mayesha

Penulisan Genotip Heterozigot Yang Benar Adalah

Sumber: https://asriportal.com/penulisan-genotip-heterozigot-yang-benar-adalah/

Check Also

Cara Membuat Alat Pembengkok Besi Manual

Alumnice.co – Cara Membuat Alat Pembengkok Besi Manual Besi beton telah menjadi bagian yang hampir …