Gambar Sumbu X Dan Sumbu Y

Alumnice.co – Gambar Sumbu X Dan Sumbu Y

Cara Mencari Komponen Vektor | Fisika Kelas 10



Pada artikel
Fisika kelas X
kali ini, kamu akan mengetahui apa itu komponen vektor dan bagaimana cara mencarinya. Yuk, simak pembahasannya di artikel ini!

Siapa di antara kamu yang suka merakit robot? Biasanya, bagi kamu yang sering ikut kompetisi robot nasional maupun internasional, pasti sudah
nggak
diragukan lagi ya kemampuannya.
Nah, dalam merakit sebuah robot, tentunya kamu memerlukan beberapa komponen atau bagian-bagian dasar,
nih, seperti
controller,
sensor,
actuator,
chassis, dan lain sebagainya. Tapi, kamu tahu
nggak,
sih? Ternyata, bukan cuma robot saja yang punya komponen-komponen, vektor juga punya,
lho!

Robot komponen vektor


Eh, eh, eh, dia malah jatoh! (Sumber: giphy.com)

Hmm, vektor punya komponen?
Duh,
nggak
kebayang ya komponen vektor itu kayak gimana dan apa saja? Memangnya, vektor juga punya bagian-bagian kayak robot?

Baca juga: Apa Bedanya Momentum dan Tumbukan? Cari Tahu, Yuk!

Komponen Vektor

Ternyata, komponen vektor yang dimaksud ini bukan seperti komponen-komponen pada robot ya. Komponen vektor sebenarnya merupakan
proyeksi vektor terhadap sumbu-sumbu kartesius, baik itu sumbu x, y, maupun z yang berada di dekatnya. Simpelnya
sih, komponen vektor merupakan bayangan dari vektor di suatu sumbu kartesius. Gimana, paham?
Nah,
kalau masih belum kebayang,
yuk
kita perhatikan penjelasannya pada gambar berikut ini.

komponen vektor

Setiap vektor yang membentuk sudut selalu dapat diuraikan menjadi dua buah vektor yang tegak lurus. Vektor pertama terletak pada sumbu x, dapat disebut dengan vektor komponen pada sumbu x. Sedangkan, vektor kedua terletak pada sumbu y, dapat disebut dengan vektor komponen pada sumbu y.

Berdasarkan gambar di atas, ditunjukkan sebuah vektor
A
yang dapat diuraikan menjadi komponen vektor pada sumbu x, yaitu
A
x
dan komponen vektor pada sumbu y, yaitu
A
y. Misalkan, sudut antara vektor
A
dengan sumbu x adalah θ, maka besar
A
x
dan
A
y
dapat kita peroleh dari perbandingan sinus (sin) dan kosinus (cos) yang telah kalian pelajari di studi Matematika sebelumnya, yaitu:

Baca :   Pasangan Garis Yang Saling Sejajar Adalah

mencari komponen vektor


Baca juga:
Apa Itu Aturan Sinus dan Kosinus?

Apakah setiap mencari
A
x
selalu menggunakan perbandingan cos dan setiap mencari
A
y selalu menggunakan perbandingan sin? Jawabannya TIDAK! Kamu jangan terlalu terpaku bahwa sumbu x itu pasti menggunakan perbandingan cos dan sumbu y pasti menggunakan perbandingan sin, ya.

Lalu, gimana caranya
nih
supaya
nggak
bingung harus pakai perbandingan cos atau sin?
Nah, tenang, kamu ingat saja kata-kata, “cari kos-kosan yang dekat”.

gif mencari komponen vektor

WHAAATT…! (Sumber: giphy.com)

Apa
tuh
maksudnya? Oke, baca baik-baik, ya. Jadi, kalau kita ingin mencari komponen vektor dari suatu vektor yang membentuk sudut di salah satu sumbu, maka kita dapat menggunakan perbandingan
cos
untuk
sumbu yang jaraknya paling dekat
dengan vektor tersebut. Sementara itu, kita dapat menggunakan perbandingan
sin
untuk
mencari nilai komponen vektor yang lainnya. Paham?
Hmm, sudah ketebak,
sih. Kalau begitu, daripada kamu semakin pusing,
cus, simak contoh soal di bawah ini, ya.

Contoh Soal

Sebuah vektor yang panjangnya 20 cm membentuk sudut 30° terhadap sumbu x positif, seperti pada gambar berikut ini.

contoh soal mencari komponen vektor

Komponen-komponen vektor tersebut terhadap sumbu x dan sumbu y adalah? Kita coba kerjakan bersama-sama, ya.

Penyelesaian:

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan untuk menyelesaikan soal di atas adalah
mengetahui sumbu mana yang letaknya paling dekat dengan vektor
A. Berdasarkan gambar di atas, besar sudut yang terbentuk antara vektor
A
dengan sumbu x adalah 30°.
Nah, kalau begitu, besar sudut yang terbentuk antara vektor
A
dengan sumbu y pasti 90°- 30° = 60°. Tahu 90° dapat dari mana?
Yap! Betul, dari sudut siku-siku yang terbentuk antara
A
x

dengan




A
y.
Clear

sampai di sini? Kita lanjut, ya. Kalau begitu, kamu sudah tahu
dong
ya sumbu mana yang letaknya paling dekat dengan vektor
A.
Yap! Betul lagi, jawabannya adalah sumbu x.

Baca :   Apa Yang Dimaksud Dengan Teknik Spray

Baca juga: Belajar Gerak Melingkar Beraturan (GMB), Yuk!

Oke, setelah tahu sumbu yang letaknya terdekat dengan vektor
A, kita masuk ke langkah kedua,
nih. Masih ingat dengan kata-kata, “
cari kos-kosan yang dekat
”?
Nah! Jadi, untuk mencari komponen vektor
A
pada sumbu x, kita pakai perbandingan cos, sedangkan untuk mencari komponen vektor
A
pada sumbu y, kita pakai perbandingan sin. Mudah,
kan? Kalau mudah, langsung kita hitung!

Komponen vektor pada sumbu x:

mencari komponen vektor

Komponen vektor pada sumbu y:


mencari komponen vektor

Wah, cuma begini
doang
ternyata. Iya, cuma begini,
doang.
Easy, bukan? Masih kurang
nggak nih latihan soalnya? Kita latihan soal sekali lagi, ya. Tapi, kali ini kamu yang harus menjawabnya sendiri. Nanti bagi yang sudah menemukan jawabannya, jangan lupa tulis di kolom komentar. Oke?

latihan soal cara mencari komponen vektor

Meskipun materi kali ini terbilang cukup mudah, tapi kamu
nggak
akan bisa menjawab soal-soal di atas sebelum menguasai materi tentang
trigonometri,
nih. Jadi, jangan lupa dan malas untuk mempelajari materi-materi yang lainnya, ya.
Nah, jika kamu menghadapi kesulitan dalam belajar,
nggak
usah khawatir! Sekarang kamu bisa langsung tonton video pembelajaran beranimasi lewatruangbelajar
dari
Ruangguru. Tinggal tonton di handphone, bisa di mana aja deh!





ruangbelajar


Artikel ini telah diperbarui pada 2 September 2022.

Profile

Hani Ammariah

Anaknya seneng ngitung, tapi nggak perhitungan. Dulu pernah kuliah di Institut Pertanian Bogor jurusan Matematika. Sekarang jadi tukang nulis a.k.a Content Writer di Ruangguru.

Gambar Sumbu X Dan Sumbu Y

Sumber: https://www.ruangguru.com/blog/fisika-kelas-10-cara-mencari-komponen-vektor

Check Also

Apa Yang Dimaksud Dengan Gas Inert

Alumnice.co – Apa Yang Dimaksud Dengan Gas Inert Dalam bidang pelayaran, ada banyak jenis kapal …